Kamis, 03 Januari 2013

Seminar Internasional Pelantra 2012 Mengusung Tema Keberadaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kancah Internasional

Seminar Internasional Pelantra 2012 Mengusung Tema Keberadaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kancah Internasional
Surabaya-- Keberadaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kancah Internasional adalah  tema yang diusung dalam Seminar Internasional Pelangi Nusantara Bahasa dan Sastra (Pelantra) 2012. Seminar itu  terselenggara atas kerja sama antara Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya, Balai Bahasa Jawa Timur, dan Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI)  yang berlangsung di UNIPA Surabaya  selama dua hari (18--19/7).
Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas PGRI Adi Buana, Drs. Sutijono, M.M., setelah sebelumnya diawali dengan laporan ketua panitia dan sambutan Kepala Balai Bahasa Jawa Timur. Dalam pembukaan itu,  Sutijono mengatakan bahwa tujuan diadakannya seminar ialah untuk membangkitkan kesadaran akan perlunya sebuah identitas yang jelas di tengah bercampurnya berbagai anasir kebudayaan dari seluruh dunia. Di tengah arus kebudayaan dunia, bahasa dan sastra merupakan identitas dan karakter nasional yang harus terus diperkuat.
Dalam seminar itu ditampilkan sejumlah pembicara dari dalam dan luar negeri dengan pembicara utama, antara lain,  Dr. Dendy Sugono (Badan Bahasa), Emily Magaziner (Konsulat Jenderal Amerika), Dr. Sunu Catur Budiono (UNIPA), dan Dr. Soim anwar (cerpenis). Dalam paparan makalahnya yang berjudul "Keberadaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kancah InternasionaL", Dendy Sugono menjelaskan bahwa bahasa Indonesia merupakan cermin peradaban bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai salah satu produk budaya merupakan identitas serta cerminan karakter bangsa Indonesia. Badan Bahasa selaku lembaga pemerintah yang mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia terus-menerus berperan aktif dalam mengembangkan bahasa Indonesia di kancah internasional, Salah satunya adalah  dengan melaksanakan program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).
Seminar yang dihadiri oleh guru, dosen,  peneliti,  pemerhati bahasa , dan mahasiswa ditutup oleh Wakil Rektor I Universitas PGRI Adi Buana, Dr. Hartono, M.Si.(yan)