Senin, 14 Januari 2013

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah              : Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia
SKS                            : 3
Kode Mata Kuliah       : 52616
Dosen Pembina           : Rahayu Pujiastuti, Dra., M.Pd.
                                   Retno Danu Rusmawati, Dra., M.Pd
Deskripsi Mata Kuliah
Menckup hakikat kurikulum dan pembelajaran; landasan dan prinsip pengembangan kurikulam; kerangka dasar pengembanga kurikulum 2004; tantangan kurikulum dan pembelajaran diabad ke-21; model-model pengembangan rencana pembelajaran; perencanaan pembelajaran; telaah kurikulum mata pelajaran Bahasa dan Sastia Indonesia; indicator pembelajaran dalam kurikulum mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; dan analisis desain pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia.
Buku Suinber
1.           Andriyani, dewi 2007. Modul 3 kerangka dasar kurikulum 2004.Jakarta:UT.
2.           Chandrawati titi.2007. Modul 4 tantangan kurikulum dan pembelajaran di abad 21. jakarta:UT.
3.  ______ .2007. Modul 6 Perencanaan Pembelajaran.Jakarta: UT.
4.             Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kyurikulum. JakartarRineka Cipt
5.             Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kurikulum Bernasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang.
6. ______ . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI. Jakarta: Balitbang.
7._______ . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP/MTs. Jakarta: Balitbang.
8. ______ . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA/MA. Jakarta: Balitbang.
9. ______ . 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia: Metode Pembelajaran. Jakarta: DepDikNas.
10.    DirJenDikTi DepDikNas. 2005. Mengajar di Perguruan Tinggi: Kontrak Kuliah. Jakarta: DirJenDikTi DepDikNas.
11.    Hamalik, Oemar,2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.
12.    Hermawan, Asep Heny dan Andryani, Dewi.2007. Modul 1 Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:UT
13.    Hermawan, Asep Herry dan Susilana,Rudi.2007. Modul 2 Landasan, Prinsip, dan Pendekatan dalam pengembangan kurikulum. Jakarta.UT
14.    Mulyasa,  E.2006.  Kurikulum  Berbasis  Kompetensi:   Konsep,   Karakteristik,   dan Implementasi. Bandung:Rosdakarya.
15.Muslich, Masnur. 2007.KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi aksara.
16. Rosdiana, Yusi. 2007. Modul 7 Telaah Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa dan sastra
Indonesia. Jakarta:UT.
17.______ . 2007. Modul 8 Indikator Pembelajaran Dalam Kurikulum mata Mata Pelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesioa. Jakarta: UT.
18.     Rosdiana, Yusi dan Stiawati, Lis. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: UT.
19.     Sanjaya, Wina dkk. 2007. Modul 5 Model Pengmbangan Rencana Pembelajaran dan Perancanaan ekstra kulikuler. Jakarta;UT.
20.     Stiawati, Lis. 2007. Modul 9 Analisi Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: UT.
21.     Tarigan, Henri Guntur. 1993. Dasar-dasar Kurikulum Bahasa. Bandung: Angkasa
22.     Badan Standar Nasionai Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.