Mata Kuliah : Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia
SKS : 3
Kode
Mata Kuliah : 52616
Dosen
Pembina : Rahayu Pujiastuti, Dra., M.Pd.
Retno Danu Rusmawati, Dra., M.Pd
Deskripsi Mata Kuliah
Menckup hakikat kurikulum dan
pembelajaran; landasan dan prinsip pengembangan kurikulam; kerangka dasar pengembanga kurikulum 2004; tantangan
kurikulum dan pembelajaran diabad
ke-21; model-model pengembangan rencana pembelajaran; perencanaan pembelajaran; telaah kurikulum mata pelajaran
Bahasa dan Sastia Indonesia; indicator pembelajaran
dalam kurikulum mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; dan analisis desain
pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia.
Buku Suinber
1.
Andriyani,
dewi 2007. Modul 3 kerangka dasar kurikulum 2004.Jakarta:UT.
2.
Chandrawati titi.2007. Modul
4 tantangan kurikulum dan pembelajaran di abad 21. jakarta:UT.
3. ______ .2007. Modul 6 Perencanaan Pembelajaran.Jakarta:
UT.
4.
Dakir,
H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kyurikulum. JakartarRineka Cipt
5.
Departemen Pendidikan
Nasional. 2002. Kurikulum Bernasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang.
6. ______ . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Standar
Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia di SD/MI. Jakarta: Balitbang.
7._______ . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Standar
Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia di SMP/MTs. Jakarta: Balitbang.
8. ______ . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Standar
Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia di SMA/MA. Jakarta: Balitbang.
9. ______ . 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia:
Metode Pembelajaran. Jakarta: DepDikNas.
10.
DirJenDikTi DepDikNas. 2005.
Mengajar di Perguruan Tinggi: Kontrak Kuliah. Jakarta: DirJenDikTi DepDikNas.
11.
Hamalik,
Oemar,2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.
12.
Hermawan, Asep Heny dan
Andryani, Dewi.2007. Modul 1 Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:UT
13.
Hermawan, Asep Herry dan
Susilana,Rudi.2007. Modul 2 Landasan, Prinsip, dan Pendekatan dalam pengembangan
kurikulum. Jakarta.UT
14.
Mulyasa, E.2006.
Kurikulum Berbasis Kompetensi:
Konsep, Karakteristik, dan Implementasi.
Bandung:Rosdakarya.
15.Muslich,
Masnur. 2007.KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas
Sekolah. Jakarta: Bumi aksara.
16. Rosdiana, Yusi. 2007. Modul 7 Telaah Kurikulum Mata
Pelajaran Bahasa dan sastra
Indonesia. Jakarta:UT.
17.______ . 2007. Modul 8 Indikator Pembelajaran Dalam Kurikulum mata Mata Pelajaran
17.______ . 2007. Modul 8 Indikator Pembelajaran Dalam Kurikulum mata Mata Pelajaran
Bahasa dan Sastra
Indonesioa. Jakarta: UT.
18. Rosdiana, Yusi dan Stiawati, Lis. 2007.
Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa
Indonesia. Jakarta: UT.
19. Sanjaya, Wina dkk. 2007. Modul 5 Model
Pengmbangan Rencana Pembelajaran dan Perancanaan ekstra
kulikuler. Jakarta;UT.
20. Stiawati, Lis. 2007. Modul 9 Analisi Desain
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta:
UT.
21.
Tarigan,
Henri Guntur. 1993. Dasar-dasar Kurikulum Bahasa. Bandung: Angkasa
22. Badan Standar Nasionai Pendidikan. 2006.
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.